Kamis, 01 Juli 2010

Sehat Tanpa Obat dengan Tusuk Jarum ala Indonesia (Grasindo, 2009)


Saya menjadi co writer dan membantu penulis mempopulerkan bahasa yang awalnya sangat teknis. Tambahan testimoni dari para pasien juga saya sertakan. Adalah Pak Kusmayanto Kadiman yang meng-SMS saya di suatu malam Jumat. Isinya kira-kira menanyakan apakah saya bersedia membantu seorang sahabatnya menulis buku tentang tusuk jarum? Tentu saya jawab ya. Dan buku inilah hasilnya.

Sinopsis:

Secara umum, tusuk jarum dapat didefi nisikan sebagai cara pengobatan yang menggunakan jarum tusuk, dilakukan dengan cara penusukan pada bagian tertentu di tubuh manusia, dengan tujuan menyembuhkan penyakit.
Tusuk jarum dapat dimasukan ke dalam ilmu pengobatan fi sikoterapi (cara pengobatan yang menggunakan tenaga fisik, tanpa menggunakan bahan kimia atau ramuan). Kategorinya sama dengan terapi radiasi atau panas.
Tusuk jarum hanya merupakan suatu rangsangan atau stimulan yang merangsang sistem regulasi tubuh agar dapat bekerja lebih baik bila terjadi gangguan. Sebenarnya yang bekerja adalah sistem tubuh itu sendiri, bukan tusuk jarumnya. Oleh karena itu, tusuk jarum sangat aman, sebab hanya membantu memperbaiki kondisi yang terganggu, dan tidak bersifat memaksa.



2 komentar: